Jangan Seduh Teh Kantong Berkali-kali, Ini Alasannya

Ilustrasi seseorang sedang minum teh Ilustrasi seseorang sedang minum teh

Teh adalah minuman yang dibuat dari daun teh pilihan yang telah dikeringkan dan melalui proses khusus. Teh juga dapat dibuat secara langsung dengan cara menyeduh daun teh dengan air panas, dan kemudian menambahkan gula atau pemanis lainnya sesuai selera.  Teh merupakan minuman yang sangat populer di seluruh dunia, dan memiliki banyak variasi rasa dan bentuk penyajian. Minuman ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau, yang terbuat dari daun teh yang belum terfermentasi, dianggap memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung koroner dan kanker. Selain itu terdapat juga kandungan zat yang disebut polifenol, yang dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh juga dapat digunakan sebagai minuman relaksasi dan menenangkan, meskipun teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk diingat bahwa minum teh juga dapat menyebabkan efek samping bagi beberapa orang, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Efek samping yang mungkin terjadi termasuk insomnia, mual, dan diare. 

Menurut sejarah, teh pertama kali ditemukan oleh Kaisar Shen Nung, seorang kaisar Cina yang terkenal dengan kebijakannya dalam mempromosikan kesehatan dan kebersihan. Kaisar Shen Nung memerintahkan bahwa air harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, dan saat sedang duduk di bawah pohon teh untuk istirahat, seorang pelayan menyeduh air panas di dekatnya dan menyebarkan aroma harum dari daun teh yang jatuh ke dalam air. Kaisar Shen Nung kemudian memutuskan untuk mencoba air tersebut dan menemukan bahwa air tersebut memiliki rasa yang nikmat. Semenjak saat itulah teh mulai dikembangkan sebagai minuman yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Teh dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk penyajian, seperti teh daun, teh bubuk, teh sachet, dan teh instan. Teh juga dapat dibuat dengan berbagai macam rasa, seperti teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan teh rooibos. Perlu diingat bahwa teh dalam kantong tidak boleh diseduh berkali kali karena teh dalam kantong mengandung teh yang sudah diproses dan dikeringkan, sehingga kandungan zat yang terkandung di dalamnya sudah sangat terkonsentrasi. Jika teh dalam kantong diseduh berkali kali, maka kandungan zat yang terkandung di dalamnya akan semakin terkonsentrasi, sehingga rasa teh akan semakin kuat dan bisa terasa tidak enak. Selain itu, teh dalam kantong juga mengandung bahan pengikat yang digunakan untuk membentuk kantong teh.

Bahan pengikat tersebut dapat mempengaruhi rasa dan aroma teh, sehingga teh yang diseduh berkali kali akan terasa tidak enak. Teh dapat terkontaminasi oleh jamur jika disimpan dalam keadaan yang tidak tepat atau terpapar udara yang lembab. Penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan teh menjadi lembab dan memudahkan pertumbuhan jamur. Teh yang terkontaminasi oleh jamur akan terasa tidak segar dan dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh, seperti mual, diare, dan sakit perut. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi jamur pada teh, sebaiknya simpan teh dalam kemasan yang tertutup rapat dan di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung. Jika Anda membeli teh dalam kemasan yang sudah terbuka, sebaiknya segera simpan teh tersebut dalam kemasan yang tertutup rapat untuk mencegah terjadinya kontaminasi oleh jamur. Jika Anda menemukan teh yang terlihat atau terasa tidak segar, sebaiknya jangan dikonsumsi dan segera buang teh tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan teh yang belum diseduh dan yang sudah diseduh:

Teh yang belum diseduh

  • Simpan teh dalam kemasan yang tertutup rapat di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung.
  • Pastikan kemasan teh tidak terpapar udara, karena udara dapat menyebabkan teh menjadi tidak segar.
  • Jika memungkinkan, simpan teh dalam lemari es untuk menjaga tingkat kesegaran dari teh.

Teh yang sudah diseduh

  • Teh yang sudah diseduh sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan ditempatkan di dalam lemari es.
  • Pastikan teh tidak terpapar udara, karena udara dapat menyebabkan teh menjadi tidak segar.
  • Teh yang disimpan di dalam lemari es akan bertahan lebih lama dan tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri.

Itulah ulasan cara meminum teh kantong secara sehat dan aman bagi tubuh, pastikan kalian meminumnya secara rutin dan tidak berlebihan supaya tidak ada efek samping bagi tubuh.

Selamat menikmati!