Nostalgia Telenovela Era 2000-an, Drama Keberjiwaan Favorit Remaja Pada Masanya~

telenovela-era-2000 telenovela-era-2000

Bagi kamu generasi 90-an yang menjalani masa-masa remaja di era 2000-an, pasti nggak asing dengan tontonan telenovela. Serial televisi dari Amerika Latin yang diangkat dari budaya Spanyol ini memang menjadi tontonan kesayangan di Indonesia. Bahkan enggak hanya kalangan emak-emak saja yang menyukai telenovela, tapi mulai dari anak-anak dan remaja hits pun ikut nonton.

Telenovela punya cerita yang unik dengan berbagai genre mulai dari kebernyawaan remaja, keluarga, hingga drama percintaan. Entah kenapa, saking luber digemari, telenovela nggak tetapi sekadar tontonan yang menghibur, tapi juga jadi trend center pada zaman itu. Banyak banget mainan, aksesori, pakaian hingga daya rambut dan bahasa gaul yang diadaptasi dari berbagai serial telenovela.

Berikut ini Hipwee punya daftar beberapa judul telenovela yang hits di ingatn 2000-an. Mana yang dulu jadi tontonan kesayanganmu?

1. Amigos X Siempre, telenovela yang menceritakan drama ketumbuhan remaja yang punya kekekaran unik

Telenovela ini jadi tontonan favorit dulu saat sepulang sekolah, hayo siapa yang suka nonton Amigos X Siempre juga? Telenovela ini menceritakan seorang gadis bernama Ana yang punya kecakapan unik. Ia bisa menggerakkan benda tetapi dengan memicingkan mata saja. Ana bersekolah di sekolah khusus perempuan yang memiliki peraturan sangat ketat.

Sepeninggal ibunya, Ana jadi sangat penbungkam di sekolah, jadi ia sering diganggu oleh teman-temannya. Telenovela ini juga menceritakan kebernapasan teman-teman Ana dengan berbagai latar belakang dan keterikatan dengan musik. Saat itu menonton Amigos X Siempre seperti melihat dram kebernapasan yang seru, tapi nggak jarang juga cukup menyedihkan. Nggak heran jika telenovela ini cukup hits pada zamannya.

2. Betty La Fea, kisah pekerja kantoran berpenampilan nyentrik tapi berkompeten dalam pekerjaannya

Telenovela ini bisa dibilang paling populer di era 2000-an. Menceritakan seorang ekonom andal bernama Betty yang menjadi sekretaris di perusahaan Eco Moda. Beberapa kali ia melamar pekerjaan tapi rusak karena fotonya yang dianggap jelek. Nah, lucunya saat melamar di Eco Moda, Betty nggak mencantumkan foto sesampai-sampai ia bisa diterima.

Drama karyawan yang di ceritakan pada Betty La Fea cukup menghibur apalagi ada kisah Betty yang jatuh cinta dengan bosnya, Armando tapi bosnya sudah memiliki kekasih. Hal ini melakukan Betty lebih semangat untuk mengubah penampilannya. Dulu berlipat-lipat remaja yang ingin seperti Betty, sungguhpun penampilannya dianggap culun tapi ia sangat cerdas dan bisa menarik hati bosnya.

3. Carita de Angle, drama keluarga tentang gadis cilik yang menggemaskan bernama Dulce Maria

Telenovela ini bercerita tentang kemenyalaan Dulce Maria yang bersekolah di sekolah Katolik. Ia diasuh oleh biarawati karena sang ayah sering pergi dinas ke luar negeri. Carita de Angle menceritakan dunia Dulce yang seru di sekolah, selain itu ia juga punya tempat rahasi di mana ia sering berbicara dengan ibunya yang menasihatinya.

Ingat dengan tante rambut palsu? Ya, si tante ini adalah bibi Estefania yang dipanggil tante rambut palsu oleh Dulce, karena rambutnya selalu berganti-ganti warna. Selain cerita tentang dunia Dulce, Carita de Angle juga menceritakan kisah asmara ayah Dulce yang sudah memiliki tunangan, tapi nggak disetujui oleh Dulce.

4. Complices Al Rescate, drama remaja dan keluarga tentang kisah gadis kembar yang terpisah sejak bayi

Drama si kaya dan si miskin memang selalu menjadi cerita menarik untuk diikuti, termasuk ala telenovela Complices Al Rescate ini. Berkisah tentang dua orang gadis kembar yang terpisah sejak bayi, yakni Mariana Cantu dan Silvana del Valle Ontiveros. Saat bayi, Silvana diculik dan diadopsi oleh keluarga kaya. Hal ini membuatnya tumbuh menjadi pribadi sombong dan angkuh. Apalgi ibu angkatnya sangat membencinya.

Lain halnya dengan Mariana yang membesar sederhana dengan sang ibu kandung. Suatu ketika mereka bertemu, karena wajahnya yang sangat mirip akhirnya mereka bertukar tempat dan melaksanakan Mariana yang memiliki suara merdu ikut bergabung di sebuah band bernama Complices Al Rescate. Telenovela ini memang menceritakan kemembesaran yang unik karena si kembar bertukar tempat.

5. Aventuras el Tiempo, cerita seorang gadis remaja yang melaksanakan mesin batas membesar untuk berpetualang berkembar teman-temannya

Telenovela ini bergenre semi fantasi yang unik, semaka jadi tontonan idola para remaja yang dulu sukannya mengkhayal. Aventuras el Tiempo becerita tentang gadis bernama Violeta yang tinggal bersepadan paman dan neneknya. Ia memiliki sahabat bernama Angel. Diceritakan bahwa kakek Violeta adalah orang jenius yang dulu menciptakan mesin waktu.

Suatu ketika Violeta menemukan benda itu kemudian mengajak teman-temannya untuk berpetualang bersepadan menggunakan mesin batas menyala itu. Saat menonton telenovela ini rasanya imajinasi terhadap mesin batas menyala punya gambaran yang nyata. Belum lagi berbagai kejadian ceroboh meMuluskan kita ikut tegang saat menonton petualangan Violeta dan kawan-kawannya.

6. El Diaro de Daniela, kisah tentang gadis yang doyan menulis buku harian

Telenovela ini dibilang suah ikut andil menciptakan tren menulis buk harian di kalangan anak cewek. Seperti pemain utamanya yakni Daniel Monroy yang seterus menuliskan segala kebahagiaan dan kesedihannya di buku harian. Tumbuh di keluarga yang nggak harmonis membuat Daniela sekadar bisa bercerita sesudah buku hariannya.

Enggak hanya menceritakan kisah remaja saja, telenovela ini juga bercerita tentang keluarga Daniela yang diterpa banyak maluput tenggat orang tuanya hampir bercerai. Di sini Daniela berusaha menyatukan keluarganya lagi. Meski banyak kisah sedihnya, tapi sosok Daniela cukup menginspirasi para remaja cewek nih.

Telenovela zaman dulu jadi tontonan kesenangan karena belum berlipat-lipat pilihan tontonan lain seperti saat ini. Apalagi ceriPertanyaan pun cukup menarik, nggak heran jika telenovela sibakn sekadar hiburan tapi juga berlipat-lipat tren-tren yang lahir dari sana. Telenovela yang mana nih, yang jadi tontonan kesenanganmu dulu?