breaking news New

RESEP OLAHAN AYAM BACEM YANG MERESAP HINGGA TULANG

Bacem sebenarnya merupakan merupakan cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk. Dibacem artinya direndam dalam air gula atau garam supaya bahan makanan menjadi awet. Bacem terkenal sebagai panganan khas Indonesia, khususnya Jawa, yang disukai banyak orang. Perpaduan rasa manis dan gurih, membuat bacem begitu unik dan istimewa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "Bacem" atau "Membacem" berarti merebus bahan makanan (tempe, tahu, ayam atau apa saja sesuai selera) ke dalam air yang sudah diberi kecap dan bumbu. Merebusnya pun harus hingga kering agar bumbu dan kecap dapat meresap sempurna ke dalam bahan makanan

Jika kamu bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, cobain deh masakan yang satu ini. Ayam bacem goreng ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai makanan manis bumbu bacem. Bumbu bacemnya begitu meresap, dan rasanya gurih dominan manis. Sangat cocok dinikmati dengan nasi putih pulen hangat untuk menu bersantap yang simpel namun terasa spesial. Sajikan dengan sambal bawang atau sambal terasi dan lalapan agar semakin lezat lagi.

Bahan-Bahan:
1. 800 gram daging ayam, potong sesuai selera
2. 2 sdm air jeruk nipis
3. ¼ sdt garam, untuk marinasi
4. 750 ml air kelapa
5. 6 siung bawang merah, haluskan
6. 3 siung bawang putih, haluskan
7. 2 lembar daun salam
8. 2 cm laos, iris jadi dua
9. 1 batang serai, ambil bagian putihnya geprek
10. 1 sdt ketumbar
11. 120 gram gula aren
12. ¼ sdt garam, untuk bacem
13. 1 sdm saus tiram
14. 1 cm Jahe

Langkah:
1. Cuci bersih ayam kemudian balur ayam dengan garam dan air jeruk nipis, marinasi selama minimal 30 menit.
2. Haluskan Bumbu: Bawang merah, bawang putih, jahe dan laos.
3. Masukan ayam dalam wadah panci, satukan dengan bumbu halus, air kelapa, garam, serai, daun salam dan gula. Rebus hingga ayam empuk dan kuah menyusut. Gunakan api kecil agar bumbu dapat meresap kedalam ayam.
4. Setelah asat dan matang meresap, matikan api, ayam bacem siap disajikan.